"Sejarah singkat ne' malotong"

Di sebuah desa terpencil, tepatnya di desa kanandede pada awal mulanya kampung ini disebut kananre'de oleh penduduk terdahulu, sebab perkampung ini dianugrahi pancaran mata air yang sangat panas dan mendidih maka para penduduk setempat memberikan nama kananre'de.

Di desa inilah lahirlah seorang laki-laki yang bernama ne' malotong, lelaki ini terlahir dari keluarga besar yang sekarang ini disebut (TOMAKAKA), beliau (ne' malotong) diberi nama ne' malotong bukan karna beliau (ne' malotong) memiliki tubuh yang hitam tetapi beliau memiliki dua warnah lidah (hitam dan putih), inilah yang membedakan kita dengan beliau.

Dimasa hidupnya diwaktu iya masih mudah ne' malotong adalah seorang pengembala disebuah ladang yang di beri nama salu kanandede, setiap hari aktivitas beliau hanyalah mengembala kerbau milik orang tuanya. Di waktu pagi hari sebelum  berangkat untuk mengembala beliau selalu disiapkan bekal oleh ibunya, bekal ini disiapkan makan siang hingga sore harinya.

Di pagi hari beliau brangkat dari rumah menuju tempat gembalanya beliau tidak pernah terlepas dari sebuah bekal yang dibuatkan oleh sang ibundanya, namun beberapa hari kemudian hampir setiap harinya beliau (ne' malotong) berangkat setiap pagi tidak membawa apa-apa, sehingga sang ayah heran melihat beliau yang tidak seperti biasanya yang selalu membawa sebuah bekal, karna kekawatiran dalam hati sang ayah sangat besar terhadap beliau, akhirnya sang ayah memutuskan untuk mengikuti beliau dari belakang secara diam-diam. Karna sudah satu minggu beliau tidak pernah makan dirumah akhirnya ibu dan bapaknya mengintip di sebuah batu lakumba (batu besar) yang terletak di sebuah ladang sawah yang diberi nama katongkoan tempat beliau (ne' malotong) mengembala, kedua orang tua beliau sangat terkecut dengan melihat batu lakumba yang dipenuhi oleh hidangan makanan yang begitu lezat, dengan terkecutnya orang tua beliau akhirnya ibu dan bapaknya di ketahui ternyata beliau di ikuti secara diam-diam oleh oran tuanya, karna diketahui keberadaanya tiba- makanan yang terletak di atas batu lakumba itu hilang dan hancur dengan sendirinya, akhirnya beliau sangat marah terhadap ibu dan bapaknya sehingga beliau (ne'malotong) memberontak dan menepakkan kedua kakinya diatas batu lakumba itu terbelah sampai sekarang ini.

Dari waktu ke waktu beliau beranjak dewasa dan memutuskan untuk keluar kampung, beliau menuju ke desa yang sekarang ini disebut desa baebunta, dipertengahan perjalanan beliau dihadang oleh makole (orang-orang besar). Makole beserta rombongannya menahan ne' malotong agar tidak melewati daerah kawasannya karna beliau menggunakan topi yang dianyam dari tanaman yang diberi nama nase (bahasa orang rongkong) dan membawa sebuah parang yang berumahkan pelepa sagu, karna pada saat itu makole beserta rombongannya tidak mengizinkan siapa saja yang lewat di daerah baebunta membawa atau memakai sesuatu yang sangat dibenci oleh makole dan para rombongannya. Karna beliau melanggar aturan tersebut akhirnya makole beserta rombongannya nekat membunuh beliau dengan cara yang sangat tak wajar, makole dan para rombongannya memutuskan bahwa beliau akan di bunuh dengan cara beliau dibungkus dan dibalut setelah itu beliau di buang di sungai tawutu, pembunuhan terhadap beliau ini dari mulai terbitnya matahari, sampai matahari semakin naik hingga sore hari akan terbenamnya matahari seorang makole dan rombongannya bersiap siaga untuk meninggalkan salu tawutu karna mereka beranggapan bahwa beliau telah meninggal dunia setelah makole dan rombongannya meninggalkan salu tawutu beliau kembali kedarat dengan keadaan selamat dikarenakan beliau selamat atas bantuan seekor buaya (wallahu a'lam), itu menurut beliau karna salu tawutu pada saat itu terkenal dengan seekor buaya yang sangat ganas, akhirnya para makole dan rombongannya membunuh beliau dan membuangnya kedalam salu tawutu, akhirnya kejadian ini yang terjadi dalam hidup beliau akhirnya beliau mendapat mukjizat melalui inra yang dimilikinya (lidah). Beliau (ne' malotong) akan kembali ke tanah kelahirannya yaitu rongkong, beliau melewati pampang ti'ba lalu beliau tembus melalui salu rongkong dan beliau pun naik ke perkampungan pambuntang, setelah beliau menelusuri jalan untuk memutuskan kembali ketanah kelahirannya beliau bertemu seorang warga pambuntang beliau berkata kepada warga pambuntang segera menyampaikan berita kepada makole dan para rombongannya bahwa dirinya masih hidup dan beliau kembali ketanah kelahirannya (rongkong).

Setelah mendengar kabar itu makole dan para rombongannya sangat marah dan memanggil beliau (ne' maltong) dan menentangnya, makole berkata dengan suara yang sangat keras dan lantang "jika engkau benar-benar seorang pemberani maka bakarlah perkampungan PAO (kerajaan datu luwu sekarang atau nenek dari datu luwu) maka keberanian yang di miliki beliau (ne' malotong) maka beliau pun menuruti perintah makole dan akhirnya perkampungan PAO terbakar lantas karena perintah dari makole untuk beliau (ne'malotong), pada akhirnya datu memanggil beliau (ne'maltong) dan bertanya siapa yang menyuruhmu membakar kampung ini (kampung PAO) tetapi, beliau (ne' malotong) tidak mengatakan yang sebenarnya bahwa yang menyuruhnya adalah makole namun dia hanya mengatakan bahwa dirinya sendiri yang membakarnya. Akhirnya beliau (ne' malotong) diminta untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya itu dengan syarat beliau (ne' malotong) di beri tugas oleh datu agar ne' malotong membuat sebuah petak sawa salolo (tampang datu), atas mempertanggung jawabkan perbuatannya itu, beliau (ne' malotong) menggunakan beberapa kurun waktu yang sangat panjang untuk menyelesaikan petak sawa salolo (tampang datu) tersebut, setelah berhasil menyelesaikan tanggung jawabnya, akhirnya ne'malotong  terlepas dari tugas yang telah diberikan oleh datu. Dengan selesainya sawah salolo (tampang datu) ini maka datu luwu mengadakan pesta dari waktu ke waktu untuk melihat perkembangan kerajaan. Suatu hari kerajaan luwu mengadakan pesta dengan juga dihadiri oleh beliau (ne'malotong) pada saat itu beliau menunjukan kelebihan yang dimilikinya dengan menghamburkan beras hitam yang dikunyahkan keudarah tiba-tiba beras hitam tersebut berubah menjadi ribuan seekor lebah, mukjizat tersebut yang dimiliki beliau ini ada pada diri beliau pada saat terjadinya edisi pembunuhan yang dilakukan  oleh makole terhadap beliau sebelumnya.

Pada akhirnya datu menetapkan bahwa beliau (ne'malotong) telah lepas dari sebuah pertikaian antara datu dan beliau (ne'malotong) dan mengatakan bahwa beliau (ne'malotong) telah sederajat dengan datu.

Namun beliau (ne'malotong) takut, dan kembali berkata bahwa kami tidak akan mendapatkan garam lagi, karna beliau (ne'malotong) menganggap datu masih marah atas perlakuaanya. Karna pada saat itu mereka hanya mendapat garam dari luwu. Mendengar penjelasan dari beliau (ne' malotong). Dan pada akhirnya datu mengatakan kepada beliau (ne'malotong) "sibali lemba sitinti pammawa".

Setelah kejadian itu beliau (ne' malotong) kembali ke tanah kelahirannya (rongkong) dalam keaadaan tentram dan tidak ada lagi masalah antara beliau dengan datu luwu pada saat itu.

"Ini adalah kisah nyata, dan bukan dongeng yang ingin di ceritakan dalam khayalan"

Penulis: abdul-reza

Pengambil data: nian seruni
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bangga jadi anak petani

Bencanah longsor terjadi di kec.rongkong